Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit,contoh tes wawancara masuk sekolah,contoh soal tes wawancara masuk smk,contoh tes wawancara bahasa inggris masuk sekolah,soal tes masuk smk kesehatan,contoh tes wawancara penerimaan siswa baru,tes masuk smk jurusan akuntansi,contoh soal tes tulis masuk smk,wawancara masuk sma dan jawabannya

Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

Tes ini berfungsi untuk mengetahui minat awal siswa untuk masuk ke SMK favorit. Siswa dihadapkan pada seseorang guru pada suatu ruangan dan ditanyai tentang minatnya masuk ke SMK tersebut. Beberapa pertanyaan bisa bersifat menjebak. Pertanyaan umumnya antara lain:
Apakah alasan anda masuk ke SMK favorit ini?
Jawab dengan tenang dan utarakan maksud anda dan bisa anda latih dan susun di rumah. Misalnya karena sekolah ini merupakan sekolah yang terkenal favorit dan lulusannya terkenal baik, selain itu jaraknya dekat dari sumah saya dsb. 
Jurusan apa yang akan anda pilih atau masuki di sekolah ini?
Jawab sesuai dengan minat anda ingin masuk jurusan apa. Misalnya anda menjawab jurusan otomotif, lalu penanya biasanya akan memberikan soal tentang otomotif. Misalnya anda menjawab jurusan bangunan, lalu penanya memberikan pertanyaan lanjutan seperti "Anda bisa menghitung?" lalu anda akan dikasih soal tentang menghitung.
Pertanyaan menjebak
Penanya biasanya melihat gerak-gerik peserta tes dan tiba-tiba menanyakan pertanyaan menjabak semisal.
  1. Kamu pernah pernah merokok ya?
  2. Kamu pernah tindik telinga ya?
  3. Kamu pernah semir rambut ya?
Peserta tes yang terlalu jujur biasanya akan langsung mengiyakan pertanyaan di atas. Hal ini fatal karena bisa langsung tidak lulus tes wawancara. Jawablah sesuai apa adanya, tapi kalau anda bohong syukur kalau penanya percaya. Yang penting jawab dengan meyakinkan misalnya "seratus persen saya tidak melakukannya hal tersebut dan bisa dibuktikan dengan tes dokter".
Tes Wawancara Bahasa Inggris
Untuk yang satu ini bisa diadakan atau tidak sesuai sekolah yang bersangkutan. Tes ini bisa anda pelajari di artikel Tes wawancara bahasa Inggris.
   Tes Kesehatan
Dibutuhkan agar siswa siap sedia dalam mengikuti pelajaran dengan baik jika dia diterima. Tes ini bisa berupa tes fisik peserta yang biasanya dimasukkan ke dalam ruangan dan ditelanjangi (atau pakai celana pendek saja) dan dilihat apakah calon murid itu bertato/ bertindik/ mempunyai cacat tertentu. Selain itu tes ini bisa meliputi tes buta warna yang bisa anda pelajari di artikel Tes buta warna.
   Tes Tulis
Tes tulis biasanya dibedakan menurut pilihan jurusannnya masing-masing. Jadi siswa yang memilih jurusan Teknik Bangunan berbeda soalnya dengan siswa yang memilih jurusan Teknik Mesin. Tes ini biasanya berupa soal pilihan ganda (a,b,c,d) karena mudah untuk dikoreksi secara cepat. Jadi latihlah soal-soal umum tentang jurusan yang akan anda pilih. Misalnya siswa yang memilih jurusan otomotif akan diberikan soal-soal mengenai komponen sepeda motor atau mobil.


Tes wawancara di SMA idaman. Plus tips.

"M. Rizki Mufty, ada?" si Ibu Yang Mewawancarai (IYM) manggil ke arah kami semua yang ngantri. "Saya bu!" aku langsung duduk di kursi panas. Panas karena udah 40an orang duduk disini.

IYM : namanya M. Rifki Mufty?
Aku : M. Rizki Mufty bu... bukan Rifki...
IYM : oh.. yaya. Jadi, kamu dari SMP 1? (si IYM ngelirik ke simbol baju smp ku)
Aku : Iya bu...
IYM : Kenapa kamu memilih ke SMA ini? Kenapa bukan di SMA 1 yang ada di sebelah SMP kamu?


Tips : Kalo di tanya alasan memilih sekolah ini, jawablah dengan baik dan  pujilah sekolah tersebut dengan pujian yang masuk akal. Jangan jawab dengan jawaban yang aneh dan tak di mengerti, seperti : "Karena didekat sekolah ini ada yang menjual Pisang Goreng!".

Aku : Habisnya bu, saya kan dulu SDnya di SD 1, terus SMPnya SMP 1, masak mau ke SMA 1 lagi?? bosan kan disitu-situ aja. (Ya ampun melanggar tips sendiri)
IYM : Oh begitu... (si IYM mulai nyatat2)
Aku : Terus bu, jalan dari rumah saya ke SMA 3 ini gampang bu! tinggal lurus aja walaupun jauh. *Glek, jawaban ini sangat ngga menolong*
IYM : begitu... Terus kamu suka bermain?
Aku : suka dong bu...
IYM : bermain sama teman-teman?
Aku : I, Iya bu...
IYM : Memangnya main apa biasanya?


Tips : Kalau di tanya begini, jangan jawab main barbie, apa lagi bagi yang cowok.

Aku : biasanya main... main... *bingung*
IYM : main apa?
Aku : main CATUR bu! *bohong*
IYM : oh, permainan yang mengasah otak ya? (nyatat sesuatu)
Aku : *panik* Iya bu! saya suka sekali yang mengasah otak begitu!
IYM : Terus selama ini bagaimana cara kamu mempersiapkan diri untuk pelajaran di hari esoknya?


Tips : Jangan pernah jawab "Tidur siang" untuk pertanyaan ini.

Aku : biasanya sih bu malam-malamnya saya baca-baca aja sedikit materi yang kira-kira bakal di bahas, jadi saya dan gurunya bisa nyambung nanti.
IYM : Oh begitu... (nyatat sesuatu lagi)
Aku : Iya bu begitu...
IYM : Terus bagaimana pendapat kamu jika seorang guru memberikan PR?


Tips : Jawabannya cuma satu. Hal itu wajar aja.

Aku : menurut saya itu wajar aja bu, kan guru juga manusia, mereka punya hak untuk ngasi kami PR bu! Memangnya ibu mau melawan kalo ada guru yang ngasi PR?? Ngga kan bu?? NGGAK KAN BUU!???
IYM : Oh begitu, apa harapan kamu saat seorang guru memberikan PR?
Aku : yang pasti saya mau nilai yang bagus lah bu. Terus kalo udah ngasi PR, di nilai dong! jangan cuma ngasi tugas aja tapi ga pernah di nilai. Kami kan juga sakit hati bu jadinya! huaaaa *nangis*
IYM : Kamu waktu SMP pernah melanggar aturan sekolah?


Tips : Jangan gunakan pikiran "Aturan di buat untuk dilanggar" saat ini.

Aku : sering bu, saya sering bawa HP ke sekolah, padahal di larang keras. Ngga pernah bu, Alhamdulillah.
IYM : kalau kamu masuk ke SMA ini, kamu mau megikuti semua aturan yang ada di SMA ini?


Tips : jangan katakan "sumpah".

Aku : Mau dong bu. Sumpah...
IYM : SEANDAINYA kamu udah sekolah disini dan ternyata melanggar aturan yang ada, bagaimana? kamu kan tadi sudah bersumpah!


Tips : Sudah ku bilang jangan katakan "sumpah". -___-'

Aku : Yaaah.... saya terima aja bu hukuman yang di berikan. kan itu sudah benar salah saya...
IYM : lah, kok kamu PASRAH SEKALI
Aku : loh? jadi ibu maunya saya melawan hukumannya??  ha ha ha (garing)
IYM : yaa... semoga sukses ya, semoga kamu bisa lulus di SMA ini. Yah... kesempatan kamu disini minim sekali sih...
Aku : iya bu, terima kasih. (salaman)


Tes Wawancara? Siapa takut ! kuasai kiatnya dan jadilah pemenang

Berikut ini TIPS ‘n TRIK dalam interview :

1. Orang yang menginterview kita sudah memiliki frame tertentu tentang standar yang memenuhi kualifikasi di posisi yang kita apply. Jadi, yang perlu kita lakukan adalah MENYESUAIKAN DIRI DENGAN FRAME STANDAR BELIAU. Misalnya: mau mendaftar menjadi seksi Acara, maka kita sudah harus memahami karakter umum seorang sie acara itu seperti apa. Tentunya kreatif, cerdas, dan punya pengalaman meng-create acara. Jangan mendaftar menjadi sie acara jika ketika interview yang Anda tampakkan ke si pewawancara adalah karakter seorang pubdok yang ahli desain. Jadi, tidak disarankan bagi Anda untuk melamar menjadi marketing jika jiwa Anda seorang akuntan. Jika ingin melamar menjadi seorang Abang None atau duta muda ASEAN misalnya, kita juga sudah harus memahami seperti apa personal yang dicari dan sebisa mungkin mendekatkan diri kita dengan kualifikasi yang dimaksud.

2. Saat wawancara, Interviewer sebenarnya HANYA ingin melihat PERSONALITY ANDA. Pada dasarnya, kemampuan akademis dan inteligensia Anda biasanya sudah bisa dilihat dari IQ test (biasanya ada dalam rangkaian psikotest) dan juga dari lampiran transkrip nilai, IPK atau ijazah. Namun, mengutip slogan SMA 3 Bandung, sebenarnya knowledge is power BUT CHARACTER IS MORE. Nilai-nilai tersebut hanya ada di atas kertas. Pembuktian kecerdasan Anda tidak hanya dilihat dari IQ di atas kertas saja. Tapi dari kecerdasan Anda saat menjawab pertanyaan. Biasanya orang yang punya kemampuan verbal lebih baik (alias pintar ngomong) akan lebih diuntungkan saat tes interview. Nah, mungkin interviewer ada yang sengaja memberikan kesan garang untuk bisa melihat apakah Anda bisa berada dalam kondisi under pressure (biasanya ini untuk wawancara kerja). Tapi banyak juga yang juga meng-interview dengan sangat ramah. Intinya, ketika Anda bisa memberikan sikap terbaik saat menjawab pertanyaan, terlihat percaya diri, yakin, adaptif, dan berkepribadian menyenangkan (usahakan untuk tetap tersenyum ramah namun profesional), disiplin dan dapat dipercaya, maka Andalah orang yang dicari. Disini sofstkill Anda akan sangat terlihat. Yang bersoftskill baik biasanya akan lebih dipilih dari pada sekadar pintar atau jenius. Karena dalam dunia kerja misalnya, akan sangat dibutuhkan kemampuan kerja sama di lingkungan yang multikultur. Pertanyaan yang biasanya hampir selalu ditanyakan adalah ketika kuliah aktivitasnya apa saja? Bagi saya, sbg interviewer, pertanyaan ini sebenarnya berefek lebih penting pada kesan yang terbentuk dibandingkan ketika melihat lembaran transkrip nilai. Tentu minimal IPK 3,00 akan sangat meningkatkan kepercayaan. Namun kesan yang lebih tinggi akan dipengaruhi oleh aktivitas ekstra yang diikutinya ketika kuliah atau sekolah. Kenapa? Karena ini membuktikan bahwa ia mengembangkan kepribadiannya melalui aktivitas-aktivitas itu. Pengalaman organisasi akan memberikan pengalaman yang banyak dalam menghadapi tantangan dan masalah. Dan dia akan lebih tough dan dewasa dengan masalah-masalah tersebut.

3. Alangkah baiknya kalau Anda sudah memprediksi pertanyaan apa saja yang akan muncul. Saya sering mendapati peserta interview yang dia tidak lancar dalam menjawab pertanyaan, bahkan pada pertanyaan yang mendasar. Misalnya mengapa ingin melamar posisi ini. Hmmm… Pastikan Anda sudah menyiapkan jawaban dari rumah terkait 5W+1H terkait posisi yang Anda lamar. Terlebih jika interview dilakukan dalam bahasa Inggris, maka sebaiknya Anda sudah berlatih di rumah untuk menjawab dalam bahasa Inggris. Dan jangan lupa, berikan jawaban yang tidak standar, sehingga akan terlihat bagaimana kreatif dan cerdasnya Anda.

4. Atur pikiran Anda untuk tetap positif dan optimistis. Yakinlah bahwa Anda adalah orang yang tepat dan memang mereka cari. Sehingga ketika menjawab Anda pun terlihat pantas mendapatkan posisi itu. Pada umumnya, yang membedakan satu peserta dengan peserta lainnya adalah dari TEKAD DAN SEMANGATNYA. Adakalanya saya menemukan beberapa peserta wawancara yang sudah tampak tidak yakin dia akan diterima. Bisa jadi ini karena ada pengalaman masa lalu yang sering ditolak. Padahal yakinlah, interviewer tidak tahu masa lalu Anda.

5. Siapkan sesuatu yang membuktikan kelebihan Anda dibanding yang lain. Misalnya menjawab dalam bahasa Inggris, bahasa Jepang atau bahasa lain. Yang pasti ketika persaingan dalam interview itu sangat ketat, maka Anda harus berani menunjukkan keunggulan Anda. Tentu jika diizinkan oleh interviewer.

6. Jangan sepelekan masalah TEKNIS. Berpakaianlah yang se-proper mungkin. Tunjukkan profesionalitas dan keseriusan Anda melamar di posisi itu dengan penampilan yang paling tepat. Namun tetaplah menjadi diri sendiri. Tidak harus juga jadi berlebihan sehingga membuat diri Anda tidak nyaman. Perhatikan juga artikulasi dalam berbicara dan sikap duduk Anda. Tapi usahakan untuk tetap relaks dan percaya diri.

7. Yang terpenting dari semuanya: Tetap menjadikan Allah sebagai tempat bersandar. Yakinlah bahwa kemudahan dan pertolongan hanyalah dariNya. Maka persiapan ibadah yang baik, misal dengan tahajud terlebih dahulu atau banyak membaca Qur’an akan membantu Anda memiliki jiwa yang lebih tenang saat interview. Dan lebih ikhlas menjalani setiap prosesnya.

Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

Ketika kita yakin akan diterima, so yakin saja. tentunnya harus sesuai dengan persyaratan dan ketentuan yang berlaku di universitas tersebut baik negerii maupun swasta.



untuk lebih lengkapnya silahkan pelajari Tips Menghadapi Wawancara masuk Perguruan Tinggi

daftar wawancara masuk universitas swasta

Tips Menghadapi Wawancara masuk Perguruan Tinggi,tips tes wawancara masuk perguruan tinggi,tes wawancara masuk perguruan tinggi negeri,pertanyaan wawancara masuk perguruan tinggi,contoh tes wawancara masuk perguruan tinggi,contoh tes wawancara masuk perguruan tinggi dalam bahasa inggris,tes wawancara masuk perguruan tinggi swasta,contoh tes wawancara dan jawabannya,contoh tes wawancara bahasa inggris masuk kuliah,tes wawancara masuk perguruan tinggi swasta,contoh tes wawancara masuk kuliah,contoh tes wawancara masuk perguruan tinggi,tes wawancara masuk kuliah,tes wawancara masuk perguruan tinggi,tes wawancara kuliah,wawancara masuk kuliah,tes wawancara bahasa inggris masuk perguruan tinggi,contoh tes wawancara masuk perguruan tinggi dalam bahasa inggris,pertanyaan wawancara masuk kuliah,jawaban tes wawancara masuk universitas,pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya,wawancara kuliah,pertanyaan tes wawancara masuk perguruan tinggi,cara menjawab tes wawancara masuk perguruan tinggi,tes wawancara masuk perguruan tinggi negeri,cara menghadapi tes wawancara masuk perguruan tinggi,contoh tes wawancara kuliah,wawancara masuk perguruan tinggi,tes wawancara perguruan tinggi,contoh wawancara masuk perguruan tinggi,pertanyaan saat wawancara masuk kuliah,contoh tes wawancara masuk universitas,tes wawancara masuk pts,adsense pilot,wawancara masuk perguruan tinggi swasta,tes wawancara masuk universitas,pertanyaan saat wawancara masuk perguruan tinggi,wawancara masuk perguruan tinggi negeri,tips wawancara kuliah,jawaban tes wawancara kuliah,soal tes wawancara masuk universitas swasta,jawaban wawancara masuk kuliah,pertanyaan tes wawancara masuk universitas,tes wawancara masuk ptn,tes wawancara ptn,contoh pertanyaan wawancara kuliah,tes wawancara masuk perguruan tinggi kedinasan,contoh tes wawancara bahasa inggris masuk perguruan tinggi,cara menjawab wawancara kuliah,wawancara universitas,contoh wawancara masuk kuliah,tips tes wawancara masuk perguruan tinggi,interview masuk kuliah,wawancara masuk universitas,cara menjawab tes wawancara masuk universitas,pertanyaan tes wawancara masuk kuliah,pertanyaan interview kuliah,pertanyaan wawancara kuliah,contoh tes wawancara bahasa inggris masuk kuliah,contoh soal tes wawancara masuk perguruan tinggi,script adsense pilot,cara menjawab tes wawancara kuliah,pertanyaan tes wawancara kuliah,wawancara bahasa inggris masuk universitas,pertanyaan saat tes wawancara masuk perguruan tinggi,pertanyaan wawancara masuk universitas,contoh wawancara bahasa inggris masuk perguruan tinggi,jawaban tes wawancara universitas,contoh pertanyaan tes wawancara masuk perguruan tinggi,contoh pertanyaan tes wawancara masuk universitas,contoh interview masuk universitas,pertanyaan wawancara masuk perguruan tinggi,template adsense,wawancara bahasa inggris masuk perguruan tinggi,tes wawancara bahasa inggris masuk kuliah,tips menghadapi tes wawancara masuk perguruan tinggi,tes wawancara universitas,maxmanroe.com,contoh tes wawancara masuk sekolah,masuk kuliah tanpa tes,site:maxmanroe.com,tes wawancara bahasa inggris masuk sma favorit,sekolah menengah atas kedinasan,cara menjawab tes wawancara masuk smk,template blog google adsense,gimana rasanya,kuliah tanpa tes,contoh wawancara masuk sma dalam bahasa inggris,tes wawancara bahasa inggris untuk masuk universitas,membuat program java,tes masuk perguruan tinggi swasta,sugeng.id,contoh wawancara bahasa inggris masuk kuliah,tips tes wawancara masuk sma,contoh interview masuk kuliah,pertanyaan wawancara bidikmisi,lanjut kuliah atau kerja,sugeng id,cara pasang meta tag,tips masuk ptn,google transparan,interview kuliah,memilih template blog,tes wawancara masuk sma favorit,contoh tes wawancara penerimaan siswa baru,tinggi dul,interview masuk universitas,pertanyaan interview masuk kuliah,contoh wawancara kuliah,template untuk daftar adsense,pacaran anak kos,wawancara masuk sma dan jawabannya,jawaban tes wawancara masuk sma,contoh tes wawancara bahasa inggris masuk universitas,jalur tanpa tes universitas,cara menghadapi tes wawancara kuliah,pilih kuliah atau kerja,contoh tes wawancara masuk sma,tes bahasa inggris masuk kuliah,contoh wawancara masuk universitas,daftar wawancara masuk universitas swasta,wawancara masuk perguruan tinggi swasta,tes wawancara masuk perguruan tinggi swasta,tes masuk universitas swasta 2015,tes masuk universitas swasta hanya formalitas,contoh soal tes masuk universitas swasta,contoh soal tes masuk universitas swasta 2013,contoh soal tes masuk universitas swasta 2014,pertanyaan wawancara masuk universitas

daftar wawancara masuk universitas swasta

Untuk referensi teman teman aga lebih mantap dan yakin untuk masuk universitas, admin membahas beberapa hal seperti di bawah ini:


mungkin sekian saja pembahasan di blog ini tentang daftar wawancara masuk universitas swasta, semoga bisa dimanfaatkan secara maksimal... terimakasih 

oh iya semoga teman teman bisa lolos dan masuk perguruan tinggi negeri maupun swasta yang diinginkan... aamiin...
Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Tips Menjawab Tes Masuk SMK Favorit

0 komentar:

Posting Komentar