pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya

pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya

pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya,tes wawancara masuk perguruan tinggi swasta,wawancara masuk perguruan tinggi negeri,soal tes wawancara masuk universitas swasta,contoh tes wawancara bahasa inggris masuk kuliah,contoh tes wawancara dan jawabannya,pertanyaan untuk universitas,contoh tes wawancara masuk perguruan tinggi dalam bahasa inggris,contoh tes wawancara penerimaan siswa baru
pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya,tes wawancara masuk perguruan tinggi swasta,wawancara masuk perguruan tinggi negeri,soal tes wawancara masuk universitas swasta,contoh tes wawancara bahasa inggris masuk kuliah,contoh tes wawancara dan jawabannya,pertanyaan untuk universitas,contoh tes wawancara masuk perguruan tinggi dalam bahasa inggris,contoh tes wawancara penerimaan siswa baru

pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya

“Saya memilih jurusan ini karena saya senang mempelajari mata kuliah seputar jurusan ini. Menurut saya, saya memiliki kemampuan untuk memilih jurusan ini, jadi hal ini akan memberikan saya peluang besar ketika mencari pekerjaan setelah lulus nanti. Selain itu saya juga memiliki minat tinggi yang mendorong saya untuk mempelajari lebih detail seputar urusan yang saya ambil”.


pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya



1. Persiapaan apa saja yang mungkin akan ditanyakan


Kebanyakan, yang akan ditanyakan adalah tentang diri kamu sendiri, tapi persiapkan jawaban untuk pertanyaan seputar kampus yang akan kamu masuki. Usahakan kamu menjawab dengan jujur tentang diri kamu. Pewawancara akan menilai sebijak mungkin. Jadi, kamu tidak akan masuk ke jurusan atau kampus yang salah. Untuk pertanyaan lainnya, kemungkinan besar akan seputar kampus yang kamu masuki. Kamu harus mempelajari, paling tidak seputar program studi atau jurusan yang kamu pilih. Jangan sampai jonk ketika kamu ditanya tentang sekilas apa yang nanti akan kamu pelajari di jurusan idamanmu.

2. Jangan lupa sarapan

Sangat penting – jangan sampai kamu lupa sarapan, atau mungkin lupa mandi. Jika perut kamu kosong, kemungkinan blank saat wawancara akan semakin tinggi. Apalagi jika kamu mengidap penyakit magh. Jangan sampai kamu pingsan ketika ditanyai oleh pewawancara.

Pastikan juga asupan makanan kamu cukup jika harus menghadapi wawancara di siang hari. Jika kamu gampang lapar, bawa saja bekal untuk dimakan nantinya.

3. Datang dengan rapi

Terlihat rapi ketika wawancara sangatlah penting; apalagi ketika kamu ingin masuk kuliah. Jangan sampai pewawancara mencoret namamu bahkan sebelum kamu duduk di kursi wawancara. Cukurlah rambut dan jenggot atau, paling tidak, rapikan rambut kamu. Selain itu, pastikan kamu memakai baju yang sopan atau baju yang disarankan oleh kampus. Meskipun baju kamu sangat rapi tapi warnanya tidak sesuai dengan apa yang kampus minta, itu juga akan mengurangi nilai kamu. Selain itu jangan lupa untuk menggosok atau mencuci bajunya terlebih dahulu. Kamu bisa menggunakan sabun deterjen rinso agar lebih bersih ketika mencucinya.

4. Datang sebelum waktu

Don’t be late! Jangankan datang terlambat, terburu-burupun kamu tidak boleh. Terburu-buru akan membuat konsentrasi kamu tidak karuan. Kalau bisa kamu hadir 1 jam sebelumnya di tempat wawancara. Kamu dapat memantapkan persiapan atau istirahat sejenak agar dapat menenangkan pikiran.

5. Beberapa hal yang harus kamu lakukan ketika wawancara

Kontak mata dengan pewawancara

Pastikan ada kontak mata antara kamu dan pewawancara. Jika kamu terlalu gugup untuk melakukan itu, belajarlah sebelumnya. Jangan sampai juga kamu melamun atau tidak fokus kepada pewawancara. Beri pewawancara tatapan yang mantap.

Jangan kaku, tersenyumlah

Jangan terlalu kaku ketika sedang diwawancarai; apalagi kalau kamu sampai tidak tersenyum sama sekali. Senyum kamu membawa kesan percaya diri. Walaupun kamu kurang percaya diri, tetaplah tersenyum. Apalagi kalau habis diputusin pacar #tsah.

Perlihatkan semangat kamu

Jangan loyo ketika diwawancarai. Kamu harus tetap terlibat penuh dalam pembicaraan. Berikan jawaban-jawaban yang mantap. Meskipun singkat, tapi jelas. Jangan juga kamu ngomong ngalor-ngidul atau bercerita tentang hal yang tidak ada sangkut pautnya dengan pertanyaan. Berikan jawaban yang mudah dimengerti oleh pembicara.

6. Persiapkan pertanyaan

Bertanya kepada pewawancara juga menandakan kalau kamu serius dengan kampus yang kamu daftar. Berikan beberapa pertanyaan. Walaupun pertanyaan sederhana seperti “Jika diterima nanti, kapan kira-kira perkuliahan akan dimulai?”.


"M. Rizki Mufty, ada?" si Ibu Yang Mewawancarai (IYM) manggil ke arah kami semua yang ngantri. "Saya bu!" aku langsung duduk di kursi panas. Panas karena udah 40an orang duduk disini.

IYM : namanya M. Rifki Mufty?
Aku : M. Rizki Mufty bu... bukan Rifki...
IYM : oh.. yaya. Jadi, kamu dari SMP 1? (si IYM ngelirik ke simbol baju smp ku)
Aku : Iya bu...
IYM : Kenapa kamu memilih ke SMA ini? Kenapa bukan di SMA 1 yang ada di sebelah SMP kamu?


Tips : Kalo di tanya alasan memilih sekolah ini, jawablah dengan baik dan  pujilah sekolah tersebut dengan pujian yang masuk akal. Jangan jawab dengan jawaban yang aneh dan tak di mengerti, seperti : "Karena didekat sekolah ini ada yang menjual Pisang Goreng!".

Aku : Habisnya bu, saya kan dulu SDnya di SD 1, terus SMPnya SMP 1, masak mau ke SMA 1 lagi?? bosan kan disitu-situ aja. (Ya ampun melanggar tips sendiri)
IYM : Oh begitu... (si IYM mulai nyatat2)
Aku : Terus bu, jalan dari rumah saya ke SMA 3 ini gampang bu! tinggal lurus aja walaupun jauh. *Glek, jawaban ini sangat ngga menolong*
IYM : begitu... Terus kamu suka bermain?
Aku : suka dong bu...
IYM : bermain sama teman-teman?
Aku : I, Iya bu...
IYM : Memangnya main apa biasanya?


Tips : Kalau di tanya begini, jangan jawab main barbie, apa lagi bagi yang cowok.

Aku : biasanya main... main... *bingung*
IYM : main apa?
Aku : main CATUR bu! *bohong*
IYM : oh, permainan yang mengasah otak ya? (nyatat sesuatu)
Aku : *panik* Iya bu! saya suka sekali yang mengasah otak begitu!
IYM : Terus selama ini bagaimana cara kamu mempersiapkan diri untuk pelajaran di hari esoknya?


Tips : Jangan pernah jawab "Tidur siang" untuk pertanyaan ini.

Aku : biasanya sih bu malam-malamnya saya baca-baca aja sedikit materi yang kira-kira bakal di bahas, jadi saya dan gurunya bisa nyambung nanti.
IYM : Oh begitu... (nyatat sesuatu lagi)
Aku : Iya bu begitu...
IYM : Terus bagaimana pendapat kamu jika seorang guru memberikan PR?


Tips : Jawabannya cuma satu. Hal itu wajar aja.

Aku : menurut saya itu wajar aja bu, kan guru juga manusia, mereka punya hak untuk ngasi kami PR bu! Memangnya ibu mau melawan kalo ada guru yang ngasi PR?? Ngga kan bu?? NGGAK KAN BUU!???
IYM : Oh begitu, apa harapan kamu saat seorang guru memberikan PR?
Aku : yang pasti saya mau nilai yang bagus lah bu. Terus kalo udah ngasi PR, di nilai dong! jangan cuma ngasi tugas aja tapi ga pernah di nilai. Kami kan juga sakit hati bu jadinya! huaaaa *nangis*
IYM : Kamu waktu SMP pernah melanggar aturan sekolah?


Tips : Jangan gunakan pikiran "Aturan di buat untuk dilanggar" saat ini.

Aku : sering bu, saya sering bawa HP ke sekolah, padahal di larang keras. Ngga pernah bu, Alhamdulillah.
IYM : kalau kamu masuk ke SMA ini, kamu mau megikuti semua aturan yang ada di SMA ini?


Tips : jangan katakan "sumpah".

Aku : Mau dong bu. Sumpah...
IYM : SEANDAINYA kamu udah sekolah disini dan ternyata melanggar aturan yang ada, bagaimana? kamu kan tadi sudah bersumpah!


Tips : Sudah ku bilang jangan katakan "sumpah". -___-'

Aku : Yaaah.... saya terima aja bu hukuman yang di berikan. kan itu sudah benar salah saya...
IYM : lah, kok kamu PASRAH SEKALI
Aku : loh? jadi ibu maunya saya melawan hukumannya??  ha ha ha (garing)
IYM : yaa... semoga sukses ya, semoga kamu bisa lulus di SMA ini. Yah... kesempatan kamu disini minim sekali sih...
Aku : iya bu, terima kasih. (salaman)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : pertanyaan wawancara kuliah dan jawabannya

0 komentar:

Posting Komentar